Saturday, April 18, 2009

Dengan Lemak Orang Gemuk Jadi Langsing


Percaya atau tidak, lemak baik dalam tubuh ternyata dapat membantu membakar kalori. Itu sebabnya, orang gemuk dengan banyak lemak dalam tubuhnya akan bisa langsing berkat bantuan lemak baik yang membakar kolesterol dalam tubuh.

Hasil dari tiga penelitian para ahli di Boston, Finlandia dan Netherland memperlihatkan bahwa lemak baik, yang disebut lemak coklat (brown fat), hidup dan aktif berperan dalam metabolisme tubuh manusia dewasa, demikian yang dilansir dari NPR, Jumat (10/4/2009). "Lemak ini merupakan sasaran penting dan menjadi penemuan baru untuk mengobati Diabetes tipe-2 dan kegemukan," ujar C Ronald Kahn, dari Joslin Diabetes Center, Boston, Massachusetts.

Peneliti menyebutkan, kegemukan dan gangguan metabolisme tubuh lain dapat diobati dengan cara menstimulasi pertumbuhan lemak coklat, untuk mengontrol berat badan dan meningkatkan metabolisme glukosa.

Lemak coklat akan membakar energi dalam jumlah besar, selain itu lemak ini pun memiliki peranan dalam mengatur metabolisme berat badan. Lemak coklat dengan tingkat lebih tinggi dapat membantu melindungi tubuh dari resiko kegemukan yang berhubungan dengan penuaan.

"Kami tidak hanya menemukan lemak coklat aktif dalam tubuh orang dewasa, namun juga terdapat perbedaan penting dalam kadar lemak coklat berdasarkan berbagai faktor seperti usia, tingkat kadar glukosa, dan yang terpenting tingkat kegemukan," ujar Aaron Cypess dari Harvard Medical School.

Konsentrasi kadar lemak coklat banyak terdapat pada bagian leher dan para ahli pun menemukan sel pada bagian tubuh ini memiliki protein UCP-1 yang sangat unik. (okz) SuaraMedia.Com

Sumber :
http://www.suaramedia.com/kesehatan/dengan-lemak-orang-gemuk-jadi-langsing.html
19 April 2009

Sumber Gambar :
http://www.medicastore.com/kolesterol/images/LDL_HDL_pembuluh_darah.jpg

No comments:

Post a Comment