Saturday, December 19, 2009

Langsing Bukan Berarti Bebas Lemak


Jangan berpuas hati dulu jika bentuk tubuh Anda termasuk langsing. Pasalnya kini para ahli menyatakan bahwa lemak yang bersembunyi di bagian dalam tubuh, terutama di sekitar jantung, hati atau pankreas, sama bahayanya dengan lemak yang ada di bawah kulit.

"Bertubuh kurus, bukan berarti Anda tidak berlemak," kata Dr. Jimmy Bell, seorang profesor molekular di Imerial College, London. Sejak tahun 1994, Bell dan timnya melakukan pemindaian (scan) MRI terhadap 800 orang untuk memetakan lemak yang membuat orang menjadi gemuk.

Menurut data yang dihimpunnya, orang yang menjaga berat badannya lewat diet, bukannya olahraga, memiliki simpanan lemak di organ bagian dalam. Ini banyak terjadi pada orang yang termasuk golongan kurus. "Tampaknya definisi gemuk harus didefinisikan ulang," kata Bell.

Para dokter khawatir orang yang berbadan langsing atau kurus merasa dirinya sehat. "Berbadan kurus tidak menjadikan Anda kebal terhadap diabetes atau risiko penyakit jantung," kata Dr. Louis Teichholz, ahli kardiologi dari RS Hackensack, New Jersey, AS.

Dalam penelitian yang dilakukan Bell, sebanyak 45 persen dari responden wanita yang memiliki nilai Body Mass Index (BMI) normal, ternyata memiliki banyak tumpukan lemak di organ bagian dalam. Sedangkan pada responden pria, prosentasenya mencapai 60 persen.

Dijelaskan oleh Bell, orang yang termasuk dalam golongan "kurus di luar, berlemak di dalam", biasanya terjadi karena mereka banyak mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula, namun jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga tidak menjadikan mereka gemuk. Selain itu, mereka juga jarang berolahraga, sehingga kalori yang masuk lama-lama menjadi timbunan lemak.

Para ahli percaya, pada dasarnya kita semua secara alamiah memiliki tumpukan lemak mula-mula di sekitar bagian pinggang. Lalu lama kelamaan oleh tubuh lemak juga ditumpuk di bagian lainnya.

Kendati demikian, para ahli tetap mengatakan bahwa berat badan yang normal merupakan indikasi kesehatan, dan BMI merupakan cara pengukuran yang akurat. Untuk mencegah lemak bertumpuk di organ dalam, mereka menyarankan agar setiap orang melakukan olahraga, bahkan meski seseorang bertubuh kurus.

"Jika Anda hanya ingin terlihat kurus, maka menjaga pola makan saja sudah cukup. Namun jika tujuan Anda untuk menjadi sehat, maka olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup," kata Bell.

An-kcm/AP

Sumber :
http://www1.surya.co.id/v2/?p=9224
19 April 2009

Sumber Gambar:
http://media.photobucket.com/image/lemak%20dalam%20tubuh/jkolang/thin_fat_relative.jpg

No comments:

Post a Comment